You could put your verification ID in a comment
Posted by : Srie Harnanda Senin, 29 September 2014

Pada Tips dan trick Pc kali ini adalah Mengunci Laptop dengan Flash disk.Jika Anda malas mengingat-ingat password namun tidak ingin laptop Anda dengan mudah digunakan orang lain, gunakan flashdisk lama yang sudah tak terpakai untuk mengunci laptop tersebut. Dengan trik ini sebuah komputer Windows hanya dapat distart jika flashdisk tersebut terpasang. 
Hampir semua flashdisk dapat digunakan karena kapasitas yang diperlukan hanya beberapa KB. Anda dapat menggabungkan flashdisk ini bersama kunci-kunci lain dalam sebuah gantungan kunci yang selalu Anda bawa kemana-mana.

Awal mulanya trik ini menggunakan 3.5" floppy disk (diskette), namun saya tidak menganjurkannya karena floppy disk mudah rusak dan terlalu besar untuk digantung bersama kunci lain. Lagipula kebanyakan komputer desktop maupun laptop kini sudah tidak lagi menyertakan disk drive 3.5".

Persiapan:
1) Masukkan flashdisk yang akan dibuat kunci ke USB port.


2) Format atau hapus semua isi flashdisk kunci (jika masih diperlukan, terlebih dahulu pindahkan isi flashdisk ke media lain) .
3) Klik Start >> klik kanan My Computer >> Manage. Pada windows "Computer Management", pilih "Disk Management" dan klik kanan pada media flashdisk, pilih "Change Drive Letter and Path", klik "Change" lalu pilih "A".
4) Jika komputer Anda masih memiliki 3.5" disk drive, lakukan langkah ini: Klik Start >> klik kanan My Computer >> Properties >> pilih tab "Hardware" >> klik "Device Manager". Klik kanan pada floppy disk >> Properties. Pada "Device Usage" pilih "Do Not use this device (disable)".

Jika Anda hendak menggunakan 3.5" floppy disk dan bukan flashdisk sebagai kunci, Anda dapat melewatkan langkah 3) dan 4).

Buat kuncinya:
5) Cabut flashdisk dengan aman
6) Klik Start >> Run... >> ketik "syskey" dan klik "OK"
7) Pastikan "Encryption Enabled" sudah terpilih, lalu klik "Update"
8) Pada "System Generated Password", pilih "Store startup key on floppy disk" dan klik "OK"
9) Komputer akan meminta Anda memasukkan floppy disk. Masukkan flashdisk/floppy disk kunci tadi dan klik "OK" beberapa kali.

Setelah ini, setiap kali komputer dinyalakan atau restart akan muncul window "Windows XP Startup Key Disk". Masukkan flashdisk/floppy disk kunci dan klik OK agar proses startup dapat dilanjutkan. Tanpa kunci tersebut, Windows tidak dapat dijalankan.

Jika suatu saat Anda sudah tidak menginginkan pemakaian kunci ini, ulangi langkah 6-8 pada pembuatan kunci diatas, namun pada "System Generated Password", pilih "Store startup key locally" dan ikuti petunjuknya. Atau gunakan "System Restore" untuk kembali ke setting sebelum pembuatan kunci.

Disclaimer:
Tips ini hanya berlaku untuk Windows NT, XP dan Vista dan akan membuat komputer Anda tidak dapat mengakses 3.5" disk drive jika masih ada.
Buat duplikat flashdisk kunci tersebut (kalau perlu sampai 2 buah duplikat) sehingga seandainya rusak atau hilang, ada cadangannya. Sebab jika flashdisk kunci itu hilang atau rusak, Anda tidak dapat mengakses Windows.
Cara membuat kunci duplikat: copy semua file dari flashdisk kunci kedalam flashdisk cadangan lalu dengan flashdisk cadangan masih terhubung, ulangi langkah 3)

Meski pernah mencoba, saya sendiri tidak memakai cara ini, karena saya menggunakan password yang sukar ditebak. Bagi saya, password tidak akan bisa ketinggalan, rusak atau hilang (kecuali kalau mendadak saya kena amnesia).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Asked Here

Translate

Please Join

Popular Post

- Copyright © Full Fun Web -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -